Belanja

ID : 20140814mus47
Judul : Legenda Zaman Kita: 90 Tahun Ali Audah
Penampil : Ali Audah
Program : Reguler
Tanggal diselenggarakan : 14-08-2014
Kategori : Musyawarah Buku
Media : Photo
info :

Ali Audah adalah satu dari sedikit sastrawan Indonesia yang bekerja sebagai penerjemah karya-karya berbahasa Arab. Meski hanya berbekal pendidikan formal Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Rakyat, Ali Audah dikenal sebagai penerjemah yang cemerlang. Beberapa karya terjemahannya adalah Suasana Bergema karya A. Hamid G. As-Sahar, Membangun Kembali Pemikiran Agama Islam karya Muhammad Iqbal (bersama Taufiq Ismail dan Goenawan Mohamad), Sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haekal dan Lorong Midaq karya Naguib Mahfouz.

Ali Audah juga ikut mendirikan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Berkat komitmen dan integritasnya dalam sastra dan penerjemahan, ia meraih Anugrah Rumah Puisi pada 2011.

Pada Juli 2014 ini, usia Ali Audah 90 tahun. Untuk memperingati ulang tahunnya dan sumbangsihnya dalam dunia sastra dan penerjemahan di Indonesia, PDS HB Jassin bersama HPI dan Komunitas Salihara menyelenggarakan peluncuran buku Legenda Zaman Kita: 90 Tahun Ali Audah. Buku ini memuat pandangan para sastrawan, cendekiawan muslim dan penerjemah di Indonesia mengenai Ali Audah. Goenawan Mohamad akan memberikan ceramah tentang sastrawan dan penerjemah ini.

Fotografer: Witjak Widhi Cahya

Tag : Ali Audah, Stage, Penonton, Legenda