Belanja

ID : 2014disM13
Judul : Seni dan Politik dalam Sejarah
Penampil : Goenawan Mohamad
Asal : Jakarta
Program : Reguler
Tanggal diselenggarakan : 8-05-2014
Kategori : Ceramah
Media : Video
info :

Info Acara:

08 Mei 2014 menandai setengah abad pelarangan Manifes Kebudayaan oleh pemerintah Demokrasi Terpimpin. Pelarangan ini adalah puncak dari ketegangan antara seni dan politik di masa 1960-an. Sekelompok seniman yang mendukung kebebasan kreatif dan tidak berpartai menandatangani manifesto itu sebagai reaksi atas keadaan yang mengancam kebebasan berpikir dan berekspresi. Karena itu mereka dicap “kontrarevolusioner” oleh penguasa dan para seniman yang menganut paham “politik adalah panglima”.

Bertolak dari peristiwa itu Komunitas Salihara menyelenggarakan kuliah umum yang akan mendiskusikan hubungan seni dan politik dalam sejarah Indonesia modern. Kendati demikian, pembicaraan akan mencakup masa yang berbeda-beda, sejak Plato sampai Rancière. Juga perdebatan di kalangan Marxis dan non-Marxis, sejak dasawarsa 1930-an sampai sekarang.

Goenawan Mohamad adalah penyair dan esais yang menjadi salah satu saksi hidup ketegangan antara seni dan politik di era Demokrasi Terpimpin, juga ikut menandatangani Manifes Kebudayaan.

Tag : Goenawan Mohamad, Seni, Politik