Belanja

Persembahan Kepada Lengger Terakhir

Otniel Tasman bersama Oneil Dance Community memungkasi Helatari Salihara 2015 dengan karya berjudul Lengger Laut. Lengger Laut berkisah tentang penari Lengger Lanang (laki-laki) Dariah, yang pada 2012 diangkat sebagai maestro tari oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dariah adalah penari Lengger Lanang terakhir dan tertua berumur 85 tahun yang masih hidup di Desa Plana, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Otniel menghadirkan tari tradisional yang hampir punah itu dengan rasa baru. Bukan lagi Lengger yang melulu menampilkan liukan tubuh penari dengan tebaran senyum di sepanjang gerak, tapi juga tubuh bertenaga dalam kelincahan menjelajahi ruang panggung. Di akhir pertunjukan, Otniel sengaja mengajak penonton untuk naik ke panggung dan menari bersama. “Seperti Lengger aslinya, tarian ini tidak memiliki batas kaku antara penari dengan penontonnya,” kata Otniel.

Lengger adalah akronim dari kata leng dan jengger, yang berarti “perempuan yang ternyata laki-laki”. Lengger merupakan salah satu kesenian yang berkaitan dengan upacara syukuran keberhasilan panen di daerah Banyumas. Bagi masyarakat Banyumas ia menjadi lambang kesuburan.

Tari Lengger yang awalnya lebih sering ditarikan perempuan kini dibawakan oleh enam orang penari laki laki. Karya ini menjadi semacam persembahan bagi kesenian dan pelakunya yang makin langka dan makin ditinggalkan penonton. “Kesenian Lengger semakin ditinggalkan, kalah oleh dangdut dan panggung-panggung hiburan populer lainnya,” kata Otniel. 

Otniel Tasman adalah koreografer lulusan ISI Surakarta. Karya-karyanya banyak mengeksplorasi tradisi Banyumas dengan balutan seni kontemporer. Otniel pernah bekerja sama dengan koreografer dan sutradara, seperti Wahyu S.P., Suprapto Suryodarmo, Sardono W. Kusumo, Daryono Darmo Rejono, Eko Supriyanto, Atilah Soeryadjaya, Boby Ari Setyawan dan Fitri Setyaningsih. (Hendromasto Prasetyo)

 

 

Komentar(0)

Plain text

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.