Belanja

Puisi Chairil Anwar Di Balik Lukisan Bio Fantasy Melissa Sunjaya

Penulis: Unoviana Kartika Setia

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta Chairil Anwar kini dapat menikmati karya-karya puisinya dalam bentuk yang berbeda. Tak hanya membaca puisi atau sajaknya, Anda juga dapat melihat lukisan Melissa Sunjaya bertajuk Bio Fantasy.

Bio Fantasy memaparkan puisi lengkap Chairil Anwar didampingi dengan 75 karya visual abstrak dan karya tulis oleh Melissa. Kutipan puisi Chairil Anwar ditulis dengan kaligrafi secara tersenyembunyi di balik karya 75 karya visual abstrak tersebut dan hanya dapat dibaca melalui lensa merah.

Interaksi aktif dari pembaca dengan lensa merah menjadikan para pembaca bagian dari instalasi seni bermakna ganda tentang "rasa puisi".

Melissa juga menuliskan narasinya dari untuk karya-karya Chairil. Dengan tinta hitam, ia menulis di dinding pandangannya tentang karya Chairil. Misalnya untuk puisi Chairil yang berjudul "Betina"-nya Affandi, Melissa menilai Chairil bisa melihat wanita dari sudut pandang wanita. Ia sangat mengagumi itu.

Karya Bio Fantasy dipamerkan di Komunitas Salihara selama 13-28 Agustus 2016. Melissa berharap karya yang dihasilkan dari riset selama dua tahun itu bisa menjadi referensi bagi masyarakat yang lebih luas.

"Semoga ini bisa menjadi referensi buat banyak orang, mereka bisa ambil ini buat kerjaan mereka juga. Yang berharga itu risetnya," kata pendiri brand Tulisan ini kepada Liputan6.com, akhir pekan lalu di Jakarta.

Komentar(0)

Plain text

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.