Shop

Dance Title: 
Road to Evil Spirit
Dance Subtitle: 
Tari
Dance Photo: 
Dance Place: 
Galeri Salihara
Dance Time: 
16:00 WIB
Dance Duration: 
60 menit
Dance Overview: 

Roh jahat itu bagaimana bentuknya? Sang guru yang tidak terlihat di atas panggung memberikan serangkaian instruksi pada Zan Yamashita tentang bagaimana menggunakan tubuhnya, mulai dari cara memegang sumpit hingga koreografi tari tradisional Bali. Sang guru yang tak terlihat ini adalah penari Jepang yang telah menetap di Bali selama 30 tahun, yang kehadirannya tersembunyi dalam versi pertunjukan yang formatnya disederhanakan dari versi aslinya ini.

Koreografi ini tercipta pada musim panas 2015, ketika Zan Yamashita menjadi seniman mukiman di Bali selama enam pekan. Saat itu, baginya segala sesuatu terlihat sejajar dan berdampingan, dari pernak-pernik ritual dan kegiatan sehari-hari hingga jalan layang dan laut. Sepulang dari Bali ia belajar kepada sang guru melalui internet. Sulit baginya menguasai tari tradisional, namun karena sang guru banyak menggunakan mitos dalam pengajarannya, Zan pun menciptakan mitos baru, yaitu interpretasi roh jahat di dalam tubuhnya.

Zan Yamashita adalah koreografer tari konseptual yang metodologi penciptaannya selalu terkait dengan kata-kata, seperti haiku dan skenario. Ia juga memasukkan unsur humor di dalam karyanya. Ia adalah sosok unik dalam khazanah tari Jepang yang bekerja secara independen di Kyoto sejak 1995. Karya-karyanya, antara lain, adalah It is written there (2008), It’s just me coughing (2009), Daikoushin (A Grand March, 2010).

“. . .ternyata seni kontemporer kurang lebih sama dengan roh jahat bagi orang-orang Bali. . . . Menariknya, orang Bali menyembah baik roh baik dan jahat dan merayakan keduanya bersama di upacara-upacara.” Zan Yamashita

 

Didukung oleh:

Show on Frontpage Slideshow: 
Dance Store URL: 
https://www.eventbrite.com/e/road-to-evil-spirit-tickets-32180804653
Button Type: 
Dance Signature: 

Tari

Road to Evil Spirit

Koreografer : Zan Yamashita

Minggu, 26 Februari 2017
DanceFest: 
0
Dance Show Order: 
0
Dance Date: 
Sunday, February 26, 2017
Show on Current List: 
Dance Miscellaneous: 

Koreografer : Zan Yamashita