Shop

Undangan Terbuka Helateater Salihara 2019

Teater Adaptasi

July 04, 2018 - September 30, 2018

Komunitas Salihara membuka kesempatan seluas-luasnya kepada kelompok-kelompok teater di Indonesia untuk menjadi peserta Helateater Salihara 2019. Tema Helateater kali ini adalah “Teater Adaptasi”.

 

Batasan

Adaptasi berarti “memindahkan konteks naskah asing/asli ke latar budaya Indonesia atau budaya daerah tertentu; menyunting naskah; menambah-kurangi tokoh dalam naskah.”

 

Ketentuan

  1. Kelompok Teater yang dimaksud dalam Undangan Terbuka ini adalah kelompok teater yang unsur-unsurnya lengkap (bukan sutradara atau perorangan). Para anggotanya adalah warga negara Republik Indonesia yang belum berumur 35 tahun pada 31 Desember 2019.
  2. Pernah mementaskan minimal dua karya berbeda.
  3. Komunitas Salihara menyediakan daftar naskah yang harus dipilih yang bisa diunduh di sini. Pelamar tidak boleh memilih naskah di luar naskah-naskah yang disediakan.
  4. Naskah yang dipilih belum pernah dipentaskan oleh pelamar di Komunitas Salihara.
  5. Tim Juri akan memilih empat kelompok teater dengan proposal pementasan terbaik dan akan tampil di Helateater 2019.
  6. Bantuan produksi untuk setiap kelompok teater terpilih maksimal Rp25.000.000.
  7. Selain bantuan produksi, Komunitas Salihara juga memberikan bantuan berupa fasilitas yang tersedia: ruang pentas dan fasilitas pendukungnya, promosi dan publikasi acara, dokumentasi (foto dan video) dan akomodasi di Wisma Salihara.
  8. Komunitas Salihara tidak memberikan bantuan keuangan lain di luar bantuan produksi pada butir 6.
  9. Selama persiapan pementasan, empat kelompok teater terpilih akan mendapatkan pendampingan dari Dewan Kurator Komunitas Salihara.

 

 

Persyaratan

  1. Mengisi formulir pendaftaran, portofolio kelompok teater dan RAB (rencana anggaran belanja). Formulir pendaftaran, portofolio kelompok teater dan formulir RAB bisa diunduh di sini.

  2. Komponen yang harus ada di dalam RAB adalah transportasi asal daerah-Jakarta (PP) dan transportasi lokal serta konsumsi selama produksi di Komunitas Salihara.
  3. Mengirimkan formulir pendaftaran, RAB, portofolio kelompok teater yang telah diisi lengkap dan 2 (dua) rekaman pertunjukan utuh berupa tautan atau file ke opencall@salihara.org. Seluruh berkas dikirim dengan subyek Undangan Terbuka Helateater 2019_Nama Kelompok Teater paling lambat 30 September 2018, 23:59 WIB.
  4. Contoh rekaman pertunjukan bisa juga dikirim melalui cakram padat (CD) ke alamat Komunitas Salihara, Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta 12520, paling lambat 30 September 2018 (cap pos atau faktur pengiriman).
  5. Pentas teater dalam bahasa Indonesia.
  6. Durasi pementasan tidak lebih dari 120 menit.
  7. Jumlah keseluruhan tim produksi (termasuk aktor, sutradara dan kru) tidak lebih dari 12 orang.

 

Jadwal

Pengiriman proposal: 04 Juli-30 September 2018

Proses seleksi: Oktober 2018

Pengumuman:10 November 2018

Persiapan pementasan teater: Desember 2018-Maret 2019

Pentas di Komunitas Salihara: April 2019

 

Tim Juri

Dewan Kurator Komunitas Salihara

                       

Lain-lain

  1. Undangan Terbuka ini tidak berlaku untuk kelompok teater yang salah satu unsurnya adalah keluarga inti karyawan Komunitas Salihara dan anggota Tim Juri.
  2. Keputusan Tim Juri tidak bisa diganggu gugat.