Serambi Salihara


Diskusi
Media, Kebencian, dan Kekerasan
Pembicara: Agus Sudibyo (Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika, Dewan Pers Indonesia) & Ade Armando (peneliti media) Moderator: Daniel Awigra (Serikat Jurnalis untuk Keragaman)
Serambi Salihara | Senin, 24 Oktober 2011, 19:00 WIB
Terbuka untuk umum | Pendaftaran selambatnya 23 Oktober 2011

Media Kebencian dan Kekerasan

Apakah media hanya melaporkan aksi-aksi kekerasan dan konflik dari lapangan, atau juga terlibat membakar dan memperluas konflik yang ada? Inilah pertanyaan mendasar yang akan dijawab dalam diskusi ini. Dalam menyikapi konflik, ada jenis media yang tanpa sadar ikut memperluas dan membakar konflik, atas nama prinsip cover both sides, misalnya, mereka membawa konflik yang sebelumnya di lapangan ke dalam acara debat di program televisi. Konflik yang sebelumnya hanya disaksikan oleh orang-orang yang ada di tempat kejadian perkara, melalui program televisi itu, semua orang bisa menonton konflik lanjutan. Dalam ranah ini, media telah memindah dan ikut memperluas konflik yang ada.
Sementara itu terdapat pula jenis media lain yang memang sengaja menyebarkan kebencian, permusuhan, dan provokasi terhadap pihak yang dianggapnya lawan. Media jenis ini tidak menerapkan etika dan prinsip jurnalistik karena misi mereka adalah proyeksi untuk menanamkan kebencian dan kemarahan serta bertujuan akhir mengganyang pihak musuh. Apa saja media penebar kebencian itu? Apa isi berita, liputan, dan opininya? Serta bagaimana dampaknya secara langsung terhadap konflik di masyarakat?   
Ikuti diskusi bersama Agus Sudibyo, Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Dewan Pers dan Ade Armando, peneliti media dan Pemimpin Redaksi Madina On-Line.
Diskusi ini menggunakan bahasa Indonesia dan ditaja oleh Hivos.

Discussion 2 Comments

  1. Be says:
    Salam!
    Bagaimana untuk bisa ikut acara diskusi ini ya? daftarnya? biayanya?

    Terima kasih.
  2. mananinto says:
    diskusi seasyik ini, harusnya ada makalah pdf yang bisa di unduh.
Leave a comment


Input Text Above

Please Wait

We are processing your request.

Please do not refresh this page.