Pameran Seni Rupa

Pameran Seni Patung Baru

Galeri Salihara


Pameran Seni Rupa
Pameran Seni Patung Baru
Seniman: Abdi Setiawan, Aditya Novali, Anusapati, Didi Kasi, Erwin Utoyo, Komroden Haro, Handiwirman Saputra, Hardiman Radjab, Ichwan Noor, Nus Salomo, Redi Rahadian, Septian Harriyoga, Rudi Mantofani, Yuli Prayitno
Kurator: Asikin Hasan
Senin—Sabtu: 11:00—20:00 WIB
Minggu: 11:00—15:00 WIB
Hari libur nasional tutup

Galeri Salihara | 28 Juli—11 Agustus 2012
Pembukaan: Sabtu, 28 Juli 2012, 17:00 WIB
Terbuka untuk umum

New SculptureSeni patung baru adalah sebuah gejala yang muncul sebagai perluasan konvensi seni patung modern. Gejala ini mulai tampak di ruang-ruang pameran sekitar era 1990-an, kemudian meluas dan berkembang sampai hari ini. Tak dapat dimungkiri gejala ini dipengaruhi oleh media dan informasi yang sangat banyak  dan cepat. Tapi ia juga lahir sebagai sebuah penjelajahan terus-menerus dan hasil kreativitas pematung itu sendiri.

Memang, kehadiran seni patung baru masih timbul tenggelam dalam pameran-pameran bersama berdampingan dengan lukis, instalasi, objek,  dan media baru. Ia terbawa arus besar wacana yang mengatasi pelbagai gejala seni rupa  ke dalam satu peristiwa: Seni Rupa Kontemporer.  Maka seni patung baru biasanya juga diklaim sebagai seni patung kontemporer. Ia antara lain ditandai dengan pelbagai percobaan media, pengolahan ruang yang lanjut, keragaman  teknik,  dekat dengan budaya pop,  dan mendulang pelbagai produk, baik dari khazanah tradisi maupun dunia industri.

Pameran ini semacam kajian atau catatan kritis atas gejala seni patung baru. Kurator telah memilih sejumlah seniman dan karya-karya mereka yang memperlihatkan kecenderungan tersebut—di samping mereka yang telah melakukan penjelajahan yang cukup lama di ranah ini.

Pameran ini juga dilengkapi dengan diskusi tentang karya-karya yang dipamerkan.

Discussion 0 Comments

Leave a comment


Input Text Above

Please Wait

We are processing your request.

Please do not refresh this page.