Teater Salihara


L’ Histoire du soldat
Koreografer: Gerard Mosterd
Penulis Lirik: Goenawan Mohamad
Penari: Rury Avianti, Hendro Yuliyanto, Danar Hendratmoko
Narator: Rudy Wowor
Jumat-Sabtu, 11-12 Juli 2014, 20:00 WIB
Teater Salihara

283761709_1280-bw

Alkisah ada seorang prajurit bernama Yusuf. Ia duduk di tepi kali, kelaparan, kehausan dan putus asa. Tapi ia sangat piawai bermain biolin, dan ia memainkannya untuk menghibur dirinya. Tiba-tiba Iblis muncul dan menggodanya. Ia menawarkan uang dan buku istimewa, Yusuf menyerahkan biolin dan kemampuan bermusiknya. Akhirnya, hidup Yusuf berubah. Ia kaya dan berkedudukan. Tapi ia tidak bahagia.

L’ Histoire du soldat (Kisah Seorang Prajurit), yang berangkat dari cerita rakyat Rusia The Runaway Soldier and The Devil, diciptakan pada 1918 oleh C.F. Ramuz dan Igor Stravinsky, dengan latar belakang Perang Dunia Kesatu dan keadaan ekonomi yang berantakan.

Koreografer Gerard Mosterd membawakan versi Jawanya dalam pementasan kali ini. Berbeda dari pementasan sebelumnya di Indonesian Dance Festival 2012, Goenawan Mohamad menggubah teks untuk memperkuat ruh narasi lakon ini. Dalam pementasan kali ini, narator menggunakan wayang serta botol sebagai boneka untuk menghidupkan dialog antara Yusuf dan Iblis. Diceritakan pula bahwa Iblis tidak pernah mati dan punya kegundahan yang sama seperti manusia.

Discussion 0 Comments

Leave a comment


Input Text Above

Please Wait

We are processing your request.

Please do not refresh this page.