Belanja

Amerika Latin selalu lantang dan menantang.

Sebagai wilayah maupun sebagai entitas budaya, Amerika Latin menawarkan banyak gagasan penting: teori ketergantungan, teologi pembebasan, realisme magis—untuk menyebut tiga di antaranya. Minat pembaca Indonesia terhadap sastra dan pemikiran dari Amerika Latin boleh dibilang sangat tinggi dibanding terhadap wilayah dunia lainnya. Belum lagi tingginya popularitas tari, musik, film dan kuliner dari kawasan ini.

Amerika Latin juga bisa diperbandingkan dengan Indonesia dalam banyak hal: sejarah kolonialisme, pengalaman Perang Dingin, rezim militer dan demokrasi, masalah lingkungan hingga perjumpaan agama Abrahamik dengan agama lokal. Begitu banyak gagasan yang bisa kita perdalam dalam pertemuan Indonesia-Amerika Latin.

Bersama para mitra, Komunitas Salihara mempersembahkan festival sastra dan gagasan: LIFEs—nama dan bentuk baru bagi Bienal Sastra Salihara. Judul kami tahun ini adalah Viva! Reborn!, dengan fokus utama “Membaca Amerika Latin”. LIFEs akan berpuncak pada Oktober, Bulan Bahasa—salah satu alasan mengapa kami memilih bulan ini. Sejumlah program pendahuluan akan dimulai sejak April. Kelak, empat hari setiap pekan dari 07 hingga 29 Oktober, kami mencanangkan keasyikan Selasa dansa, Kamis membaca, Sabtu-Minggu pesta sastra.

Selamat menikmati!

KEMBALI