Belanja

Handiwirman Saputra

Handiwirman Saputra adalah perupa yang dilahirkan di Bukittinggi, Sumatera Barat, 1975. Ia menamatkan pendidikan seni rupanya di Jurusan Kriya Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan menetap di kota itu hingga kini. Ia juga ikut mendirikan Kelompok Seni Rupa Jendela dan anggota Komunitas Seni Sakato. Karyana berupa lukisan, patung, dan instalasi. Lukisannya mengggunakan teknik realis yang mengukuhkan genre pelukisan alam benda, menampilkan benda-benda terlukis serupa patung. Sementara instalasinya memanfaatkan pelbagai benda dan benda temuan, seperti benang, kawat, kertas, plastik, kain, dan rambut. Benda-benda yang dilukis dan dipasang tampak seperti apa adanya itu menampilkan ketegangan seni dan bukan-seni, bergerak antar abstrak dan realisme, di samping menantang cara kita untuk memandangnya.

Ia telah berpameran tunggal sejak 1999. Yang terakhir adalah “Tak Berakar, Tak Berpucuk”  diselenggarakan Nadi Gallery di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2011). Sebelumnya, antara lain, “Things: The Order of Handiwirman”, Rumah Seni Cemeti, Yogyakarta (2009), “Broken Heart” di Cemeti Art House, Yogyakarta (2002), dan “Provocative Objects”, Galeri Lontar, Jakarta (2000).  Sementara tak kurang dari 21 pameran bersama telah ia ikuti sejak 2001. Di antaranya, “Collectors’ Stage: Asian Contemporary Art from Private Collections”, Singapore Art  Museum, Singapura (2011), “2nd CP Biennale: Urban Culture”, Museum Bank Indonesia, Jakarta (2005), dan “Contemporary Craft”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2001).

Pada 2004 pamerannya “Apa-Apanya Dong” di Galeri Nadi, Jakarta, mendapatkan anugerah Karya Seni Rupa Terbaik 2004 dari majalah Tempo.

PERNAH TERLIBAT DALAM:
Simpangan 2012

Karya