Belanja

Hardiman Radjab

Hardiman Radjab adalah seniman yang dilahirkan di Malang, Jawa Timur, 13 Juli 1960. Ia menamatkan pendidikan seni rupanya di Jurusan Kriya Kayu, Fakultas Seni Rupa IKJ pada 1987, dan sejak 1995 mengajar seni rupa di almamaternya. Karya-karya instalasinya identik dengan koper dengan segala benda dan cerita di dalamnya, di samping patung, diorama, dan mobil hias. Dengan koper ia ingin menyatakan hidup manusia yang terus bergerak dan berubah, fana dan sia-sia. Dalam penataan koper-koper itu Hardiman selalu memperhitungan unsur dramaturgi sebagaimana dalam tubuh manusia dalam pentas teater.

Sejak 2002 Hardiman telah mengikuti tak kurang dari 45 pameran bersama. Antara lain, “CP Open Biennale: Interpelation”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2003), Biennale Jakarta XII, Taman Ismail Marzuki, Jakarta (2006), dan “Ekspansi”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2011). Adapun pameran tunggalnya adalah “Serikat Barang”, Galeri Cipta II, TIM, Jakarta (2002), “Riwayat Koper”, Galeri Lontar, Jakarta (2006), “Berkoper-Koper Cerita”, Rumah Seni Cemeti, Yogyakarta  (2007). Pameran terakhir ini kemudian digelar lagi di Rumah Seni Yaitu, Semarang, dan Galeri Soemardja, Bandung. Di samping proyek seni rupa, ia juga seorang penata artistik pertunjukan teater, terutama Teater Tanah Air Jakarta.

Pada 2006 Hardiman Radjab mendapat penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Kaya Seni Rupa Terbaik 2006 dari majalah Tempo. Yang terakhir ini lewat pamerannya “Riwayat Koper” di Galeri Lontar, Jakarta.

PERNAH TERLIBAT DALAM:
Simpangan 2012

Karya