Belanja

Haris Purnomo

Haris Purnomo (Klaten, Jawa Tengah, 1956) adalah perupa keluaran STSRI Asri (kini ISI Yogyakarta) pada 1984. Sebagai anggota Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia (GSRBI), Pipa (Kepribadian Apa) dan Proses 85, Haris termasuk perupa yang menempatkan seni rupa sebagai bagian dari kritik sosial di masa Orde Baru. Tetapi teknik realisme fotografis pada lukisannya—yang memberikan kita bukan hanya realisme, tetapi juga simbolisme dan surrealisme—membuktikan dirinya sebagai pelukis dengan keahlian yang tinggi, di samping kepekaan akan pelbagai situasi di sekitarnya.

Haris telah menggelar pameran (tunggal maupun bersama) di dalam dan luar negeri. Pamerannya tunggalnya yang terakhir adalah Beyond the Mirror Stage, MiFA Gallery, Melbourne (2013). Sebelumnya, antara lain: Baby in Transcendent Space, Primae Noctis Art Gallery, Lugano (2012); The Babies: Alegory of Docile Bodies, Bentara Budaya, Jakarta, dan CoCA, Seattle (2009); Di Bawah Sayap Garuda, Galeri Nadi, Jakarta (2006).

Sementara pameran bersama telah ia ikuti sejak masih kuliah di Yogyakarta. Yang terakhir, ArtJog 13: Maritime Culture, Taman Budaya Yogyakarta (2013). Sebelum itu, Scope Basel dan Prague Biennale (2009); Reflective Asia, Nanjing Triennale (2008); hingga pameran yang menandai kiprah Haris di gerakan seni rupa: Pasaraya Dunia Fantasai, TIM, Jakarta (1987), Seni Rupa Lingkungan, Galeri Ancol, Jakarta (1985); dan Kepribadian Apa, Galeri Seni Sono, Yogyakarta (1977, 1979).

Di samping memamerkan karya dalam pelbagai media, Haris juga terlibat dalam pelbagai seni rupa pertunjukan, di antaranya Menonjok Kehidupan di Atas Ring, Kampus STSRI Asri, Gampingan, Yogyakarta (1983) dan Future Shock, Malioboro, Yogyakarta (1982).

Karya-karya Haris memenangi sejumlah perghargaan seni, seperti The Schoeni Prize dari Sovereign Art Foundation, Hong Kong, dan Pratitha Adhikarya (2007).

Kini Haris Purnomo berproses di studionya Roemah 9A di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

PERNAH TERLIBAT DALAM:
Pameran Haris Purnomo 2014

Karya