Belanja

Ichwan Noor

Ichwan Noor dilahirkan pada 5 Juni 1963. Ia menamatkan pendidikan seni rupa di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dan menetap di kota itu hingga kini. Patung-patungnya menggunakan bahan logam, seperti perunggu dan alumunium, dan resin. Di samping menampilkan tubuh manusia dengan citraan realistik, yang kadang bersandingan dengan atau bahkan bermetamorfosis menjadi benda-benda lain, Ichwan juga kerap menampilkan benda-benda teknologi, terutama yang berkaitan dengan bengkel patung. Ia berperan penting dalam membantu atau mengerjakan perupa-perupa lain yang mengerjakan karya trimatra berbahan logam, baik perupa Indonesia maupun Asia Tenggara. Karena itu ia kerap dijuluki “The Maker” oleh para perupa lain.

Pameran tungal Ichwan Noor yang terakhir adalah “The Maker” di Mon Decor Gallery, Jakarta (2011). Sebelumnya, “Panthom of the Bodies”, Sigiart Gallery, Jakarta (2008) dan sebuah pameran Cemeti Contemporary Art Gallery Yogyakarta (1993). Ia telah mengikuti tak kurang dari 40 pameran  bersama, di dalam dan luar negeri, sejak 1995—2012. Di antaranya, “Kembar Mayang”, Museum Haji Widayat, Magelang (2012), “Ekspansi”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2011), “Pleasure of Chaos”, Primo Mallera Gallery, Milan, Italia (2010), Biennale Jogja X, Yogyakarta (2009), “Manifesto”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2008), dan “Mc(row) Media”, Langgeng Gallery, Magelang (2003).

Karya-karya Ichwan Noor menyabet sejumlah pernghargaan, di antaranya Pemenang Pertama Kompetisi Monumen “Kudus Kota Kretek” (2005) dan Karya Terbaik dalam pameran bersama “Art Motoring: Motion & Reflection” (2011).

Karya