Belanja

Kharisma Jati

Kharisma Jati adalah seorang illustrator komik lepas dan desainer kulit muka untuk penerbit Gradien Mediatama Yogyakarta. Sebelum itu, ia sempat bekerja di berbagai tempat, memperkaya pengalamannya sebagai komikus. Pada 2003-2004, misalnya, ia pernah menjadi direktur artistik, storyboard artist dan lead animator untuk proyek Animasi Jatayu MSV Amikom Yogyakarta dan setelah itu bekerja untuk penerbitan Alfamedia Yogyakarta dan bertanggung jawab sebagai desainer grafis dan coloring artist.

Tahun lalu, Jati, demikian ia biasa disapa, juga bekerja paruh waktu di Funcel Animation Studio Malaysia sebagai storyboard artist. Beberapa karya komiknya telah dipublikasikan sejak 2005, misalnya kreasinya yang bertajuk Die Jüie (2005) dan Dead Terrorism (2006) yang diterbitkan oleh Departemen Agama, komik semi-instalasi, Comicus Interruptus (2007) yang dipamerkan di Neo Nation, Jogja Bienale IX serta ilustrasi komik Anak Kos Dodol (2009) yang diterbitkan oleh Gradien Mediatama Yogyakarta.

Dalam berbagai kompetisi, Jati sering mendapatkan gelar juara pertama atau kedua, seperti menjadi Juara II dalam Lomba Gambar Stabilo Tingkat Nasional (2004), Juara II dalam Lomba Poster Anti-NAPZA Tingkat Nasional (2004), Juara I dalam Lomba Komik Keagamaan Departemen Agama Tingkat Nasional (2004) dan Juara II dalam lomba yang sama setahun berikutnya.

Karya