Belanja

Komroden Haro

Komroden Haro adalah perupa yang dilahirkan di Baturaja, Sumatera Selatan, 26 Mei 1966. Ia menamatkan pendidikan seni rupanya di Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Yogyakarta dan menetap di kota itu hingga kini. Patung-patungnya berbahan batu, resin, logam, dan kayu. Di awal kariernya ia banyak mengerjakan patung-patung bercitra realistik, kemudian ia menggarap patung bercitra simbolis. Dalam pameran tunggalnya “Mencatat Batu” yang diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta (2011), misalnya, ia menampilkan kembali batu dan citraannya.  Batu bukan hanya hadir dengan wataknya yang keras sekaligus bisa dibentuk menjadi apa saja, tetapi bisa tampak ringan dan melayang, bahkan menjadi medium cerita. Ia bukan melulu sebagai batu, sebagaimana yang kita temukan di tepi sungai atau di sawah, tetapi bisa mengalami personifikasi atau menjelma makanan.

Sebagai pematung, Komroden bukan hanya mengerjakan proyek patungnya sendiri, tetapi juga menerima pesanan dari pihak lain di studionya di Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Dengan begitu, dalam bekerja mempertahakan tradisi bengkel/studio, tempat ia mengerjakan sendiri apa-apa yang menjadi proyek karyanya, bukan sekadar mengonsepnya dan menyerahkannya kepada pihak lain.

Di samping pameran tunggal, Komroden telah telah mengikuti tak kurang dari 78 pameran  bersama sejak 1986. Di antaranya, “Chairs and Bones II”, Tonyraka Art Gallery, Bali (2012), “Ekspansi”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2011), Jogja Biennale X, Yogyakarta (2009), “Jej ak Emosi Jejak Perunggu”, Galeri Canna, Jakarta (2002),  dan “Seni Patung  Indonesia”, Purna Wijaya Yogyakarta (1986).

Karya