Belanja

Nus Salomo

Nus Salomo adalah perupa yang dilahirkan di Medan, Sumatera Utara, 9 Mei 1967. Ia menyelesaikan pendidikan arsitektur di Institut Teknologi Bandung dan Art Center College of Design, Pasadena, Amerika Serikat (AS). Selama lima tahun di AS ia banyak terlibat dengan industri hiburan Hollywood sebagai concept artist, character/action figure designer dan pematung. Selain itu, ia juga mengerjakan lukisan, lukisan digital, video, dan instalasi.

Karya-karyanya mendesakkan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir bukan hanya sebagai alat bantu dalam seni rupa, tetapi juga sebagai tema yang penting. Manusia di situ bukan lagi yang berada di luar teknologi, tetapi menjadi bagian darinya, semacam metamorfosis yang belum selesai. Maka yang muncul adalah sosok separuh manusia separuh motor, cyborg, dan dunia masa depan yang dikuasai mesin.

Pameran tunggalnya yang terakhir adalah “Deus ex Machina”,  Ark Galerie, Jakarta (2009), “Nus the Cybernaut”, O House Gallery, Jakarta (2008), dan “The Post-Human”, Galeri Lontar, Jakarta (2006). Sementara pameran bersama yang pernah ia ikuti, antara lain, “What Pictures Want to Say”, Art:1 Art Space, Jakarta (2012), “Ekspansi”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2011), “PMR Cube: Contemporary Culture Interplay”, Sampoerna Strategic Square, Jakarta” (2011), Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2010), dan “Manifesto”, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta (2007), “Biennale Jakarta XII”, Taman Ismail Marzuki, Jakarta (2006), dan “Texture of The Real”, Ark Galerie, Jakarta (2005).

Karya