Belanja

Rudi Mantofani

Rudi Mantofani adalah pelukis dan pematung yang dilahirkan di Padang, Sumatera Barat, 21 April 1973. Ia menamatkan pendidikan di Jurusan Patung, Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Yogyakarta (1996) dan menetap di kota itu hingga kini. Ia salah satu pendiri dan anggota kelompok seni rupa Jendela, kelompok seni rupa yang cukup penting dalam khazanah seni rupa Indonesia kontemporer. Lukisan-lukisannya mengolah kembali representasi alam benda (still life) dengan cara pandang yang menyegarkan, absurd, dan penuh ironi. Sementara patung-patungnya menampilkan benda-benda keseharian dengan pancaran artististik yang kurang-lebih sama dengan lukisan-lukisannya. Pada lukisan dan patungnya sensasi visual menjadi penting sebab ia mencoba menampilkan benda-benda itu dalam kesempurnaan rupa sebelum akhirnya bergerak kepada permainan tafsir.     Karya-karyanya menjadi incaran para kolektor di Singapura dan Hong Kong.

Ia telah menggelar sejumlah pameran tunggal, antara lain:  “The Culture of Things”, CP Artspace, Jakarta (2006), Chouinard Gallery, Hong Kong (2003), dan “Cakrawala Ganda”, Nadi Gallery, Jakarta (2002). Ia mengikuti sejumlah pameran bersama di dalam dan luar negeri, di antaranya, “Art Stage Singapore 2011”, Marina Bay Sands, Singapura, “Pleasures of Chaos: Inside New Indonesian Art”, Primo Marella Gallery, Milan (2010), “Reflective Asia: 3rd Nanjing Triennale”, Nanjing, Cina (2010), “The 6th Asia-Pacific Triennial of Contemporary Art”, Brisbane, Australia (2009), “Imagining Asia: 22nd Asian International Art Exhibition”, Selasar Sunaryo Art Space, Bandung (2007), dan "Jogja Biennale VI", Purna Budaya, Yogyakarta (1999).

Rudi juga mengerjakan proyek patung pesanan seperti Super Smash di gelanggang olah raga sebuah perusahaan rokok di Kudus.

PERNAH TERLIBAT DALAM:
Simpangan 2012

Karya