Belanja

10 Perupa Perempuan

03 - 17 April 2009,
10:00 - 19:00
Galeri Salihara

Memperingati Hari Perempuan Sedunia (Women.s International Day) 8 Maret serta Hari Kartini 21 April, Komunitas Salihara menyelenggarakan beberapa acara seputar perempuan. Diawali dengan pementasan teater-tari Gathik Glindhing (Benturan dan Gelindingan) oleh Kelompok Sahita di bulan Maret 2009, rangkaian acara bertemaEnam Pekan Perempuan ini akan dilanjutkan di bulan April 2009, dengan pameran seni rupa 10 Perupa Perempuan sebagai acara pertama.

Pameran dirancang atas sebuah pengamatan beberapa tahun belakangan, di mana karya-karya perupa perempuan mengalami dinamika luar biasa, dan menjadi perhatian penting media massa yang belum terjadi pada masa sebelumnya. Acara atau forum ini mencoba menggambarkan sedikit banyak realitas tersebut.

Pameran menampilkan lukisan, patung, obyek, dan instalasi, karya-karya sepuluh perupa perempuan; Ay Tjoe Christine, Ayu Arista Murti, Arahmaiani, Astari, Dolorosa Sinaga, Yani Mariani, Mella Jaarsma, Tere, Wara Anindyah dan Titarubi, yang  kurang lebih dalam kurun satu dekade ini  karya-karyanya banyak diperbincangkan. Bersama pameran ini kami juga mengundang sejumlah penulis perempuan berlatar jurnalis, novelis,  aktivis, esais, kurator, untuk menulis dari pelbagai sudut mengenai karya-karya yang dipamerkan.