Belanja

Circus

Hiroshi Koike Bridge Project (Jepang)

15 - 30 September 2013,
11:00 - 20:00
Galeri Salihara

Circus adalah pameran yang menampilkan sepilihan karya seni yang pernah digunakan dalam pementasan Hiroshi Koike dan Pappa Tarahumara sepanjang 1982-2012. Karya-karya yang dipamerkan terdiri atas topeng, kostum, properti pentas berukuran besar dan kecil. Produksi karya-karya ini melibatkan seniman-seniman terkenal dari Jepang dan Indonesia, seperti Kenji Yanobe, Kaoru Kasai, Hiroharu Hamai, outsect, Hiroyuki Moriwaki, I Wayan Tangguh, Makoto Matsushima, dan Jompet Kuswidananto.

Pameran ini adalah pameran kenangan akan jejak-langkah Hiroshi Koike dan Pappa Tarahumara selama 30 tahun, di samping untuk memperlihatkan penjelajahan estetik yang menembus batas ruang dan waktu. Kita diajak menikmati obyek-obyek yang bergerak antara dunia mimpi dan dunia keseharian, dunia dongeng dan dunia nyata; aneka penjelmaan yang memberi kita humor sekaligus horor.

Hiroshi Koike membentuk Pappa Tarahumara pada 1982. Kelompok ini melibatkan tari, teater, seni rupa dan musik dalam setiap pentasnya. Setelah 30 tahun berkarya bersama Pappa Tarahumara, ia membubarkan kelompoknya itu pada 31 Mei 2012. Pada Juni 2012 ia membentuk Hiroshi Koike Bridge Project, dengan cakupan kerja yang lebih luas daripada Pappa Tarahumara.

Pameran ini terselenggara berkat dukungan The Japan Foundation.