Belanja

Dari Penjara ke Pigura

17 Oktober 2008 - 06 Desember 2008,
20:00
Galeri Salihara

Pameran yang menandai pembukaan Galeri Salihara ini mengusung tema yang berangkat dari teks-teks yang ditulis oleh sejumlah tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia dalam perjuangan melawan cengkeraman kolonialisme. Teks-teks itu, baik berasal dari naskah pidato, artikel, surat, maupun catatan harian, adalah buah pikiran (dan ungkapan pengalaman) Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, Rohana Kuddus, R.A. Kartini, dan lain-lain . yang bisa menjadi secelah jendela untuk melihat sebuah fragmen dari perjalanan hidup mereka melawan kekuasaan kolonial.

Petikan teks-teks para tokoh pergerakan tersebut kemudian ditafsir ulang, diolah dan dihidupkan kembali dalam beragam medium oleh sejumlah perupa Indonesia yang terpilih mengikuti pameran ini. Dengan semangat menghidupkan dialog lintas-batas, sejumlah penulis kemudian diundang menulis esai ringkas tentang masing-masing karya rupa maupun tentang seniman yang menghasilkannya.

Pameran ini menghadirkan karya-karya mutakhir sejumlah perupa Indonesia, antara lain: Agus Suwage, Dadang Christanto, Diyanto, Djoko Pekik, Hanafi, Mella Jaarsma, Okky Arfie, S. Teddy D., Tisna Sanjaya, Ugo Untoro, Yuswantoro Adi.