Belanja

Pameran 125.660 Spesimen Sejarah Alam

Kurator: Anna-Sophie Springer dan Etienne Turpin

16 Agustus 2015 - 15 September 2015,
Pembukaan: 15 Agustus 2015, 19:00 WIB
Galeri Salihara

Pameran ini menampilkan karya-karya yang merujuk kepada jejak Alfred Russel Wallace (1823-1913). Ia dikenal sebagai orang yang ikut membidani Teori Evolusi. Sepanjang 1854-1862 ia mengelilingi Nusantara untuk mendokumentasikan keragaman ekologi yang kelak menjadi koleksi museum-museum di Eropa.

            Pameran ini menantang para seniman untuk kembali menelusuri jejak A.R. Wallace, menafsirkan kembali maupun merespons dokumentasi karya-karyanya lewat karya baru. Menampilkan karya dari 25 seniman dan ilmuwan Indonesia maupun mancanegara, pameran ini terselenggara atas kerja sama Komunitas Salihara dan Pusat Riset Biologi LIPI yang berpusat di Bogor.

            Sejumlah koleksi LIPI akan ikut dipamerkan. Termasuk pelat negatif yang berisi dokumentasi kepulauan Indonesia dari abad ke-18 dan ke-19. Di Komunitas Salihara, koleksi langka tersebut untuk pertama kalinya dapat dilihat publik. Selain di Komunitas Salihara, acara serupa juga digelar di Museum Zoologi Bogor.

             Seniman Indonesia yang berpameran adalah Ari Bayuaji, farid rakun (Equanorth), Theo Frids Hutabarat, Aprina Murwanti & Bharoto Yekti, Intan Prisanti, Lintang Radittya, Ary Sendy, Andreas Siagian, Zenzi, Suhadi (WALHI), Satrio Wicaksono (Towuti Drilling Project), Tintin Wulia, dan Mahardika Yudha.

             Seniman dari Mancanegara antara lain Fred Langford Edwards, Lucy Davis, Mark Dion, Sigrid Espelien (Equanorth), Geraldine Juarez, Cindy Lin, Edwin Scholes & Tim Laman, Flora Lichtman & Sharon Shattuck, Shannon Lee Castleman, Laleh Torabi, dan Robert Zhao Renhui (Institute of Critical Zoologists).

             125.660 Spesimen Sejarah Alam ini merupakan proyek kuratorial yang masih berlangsung oleh Anna-Sophie Springer dan Etienne Turpin.

             Dilaksanakan di Jakarta, 125.660 Spesimen Sejarah Alam diwujudkan melalui kerja sama pusat kesenian Komunitas Salihara dan Museum Zoologicum Bogoriense/Indonesian Institute of Science (LIPI/MZB), dan juga peran Schering Stiftung dengan tambahan dukungan dari Goethe-Institut dan OCA – The Office for Contemporary Art Norway, dan British Council.            

              Anda dapat melihat-lihat dokumentasi dari pembukaan pameran di sini serta menikmati tur virtual pameran melalui tautan ini. Anda dapat pula membaca berbagai liputan mengenai pameran 125,660 Spesimen Sejarah Alam dalam tautan ini.

               Untuk informasi mengenai program publik mingguan silahkan kunjungi125660specimens.org

logopameranspesiemn2