Belanja

Pameran Fotografi

Tubuh dan Bentuk

03 - 24 Maret 2012,
11:00 - 20:00
Galeri Salihara

Selama hampir seperempat abad, Nico Dharmajungen berdomisili di Jerman; belajar seni rupa dan fotografi, serta membangun karir sebagai fotografer profesional di sana. Ia telah memotret sejak 1970, ketika belajar dasar-dasar fotografi dan kamar gelap pada Peter Busch. Nico juga belajar di Hamburger Foto Schule (1970-1971) dan melanjutkan pendidikannya di bidang seni rupa dan komunikasi visual di Grafik Schule Rolf Laute dan Hochschule fur bildende Kunste di Hamburg (1971-1977). Selama lima tahun sejak 1976, Nico menjadi asisten fotografer Alan Ginsburg dan kemudian memulai karirnya sebagai fotografer lepas.

Karya-karya Nico tentang besi tua, Heaven and Earth, pernah dipamerkan di Olympus Gallery, Hamburg (1989). Pada tahun yang sama, karya itu juga mendapatkan penghargaan khusus bidang fotografi dalam sebuah kompetisi yang disponsori oleh pusat informasi industri baja di Dusseldorf. Pada 1992 Nico kembali ke Indonesia. Beberapa tahun kemudian pameran tunggalnya, Arkeologi Abad Mesin, diselenggarakan di Galeri Fotojurnalistik Antara, Jakarta (1995).

Sebagai fotografer komersial yang kerap memotret model, Nico fasih menerjemahkan tubuh manusia dan seluk-beluknya ke dalam sebuah bidang gambar. Eksplorasi ini juga terus ia lakukan ketika mengerjakan proyek-proyek pribadinya. Sering kali, Nico juga membuat sendiri obyek-obyek yang menjadi latar belakang para model. Dalam pameran ini, untuk pertama kalinya publik akan diajak melihat beberapa seri karya Nico yang menjelajahi hal-ihwal estetika fotografi, tubuh, dan bentuk.