Belanja

Pameran Hanafi

Migrasi Kolong Meja #3

14 - 29 Maret 2014,
11:00 - 20:00
Galeri Salihara

Lukisan abstrak Hanafi tidak semata-mata menampilkan “warna sebagai warna” atau “garis sebagai garis”, tetapi juga konsep yang hidup di baliknya. Lukisannya sederhana secara visual, tetapi kompleks dari segi gagasan. Konsep kolong meja, sebagaimana ia tampilkan di pamerannya kali ini, hadir sebagai sapuan warna yang memenuhi hampir seluruh bidang kanvas. Hanya kecil saja perpotongan garis serupa ujung balok atau kaki meja—sesekali amukan garis asimetris. Tapi kaki meja dan kolongnya adalah juga metafora untuk aksi suap-menyuap dalam membereskan segala macam urusan.

Migrasi Kolong Meja #3 adalah pameran ketiga Hanafi dengan judul yang sama. Sebelumnya, ia telah menggelar pameran Migrasi Kolong Meja di GaleriSemarang(25 Oktober-06 November 2013) danKomanekaFineArtGallery, Ubud (22 Desember 2013-22 Januari 2014). Meski memakai judul yang sama, kali ini Hanafi akan memamerkan karya-karya baru berukuran besar yang belum dipamerkan sebelumnya, ditambah beberapa instalasi.

Hanafi adalah pelukis abstrak yang serius berkarya pada awal 1990-an, saat menyurutnya dominasi seni rupa abstrak diIndonesia. Ia mengembangkan lukisan abstrak yang ekspresionis dan menghindari formalisme. Hanafi berkolaborasi dengan sejumlah seniman berbeda dalam berbagai proyek seni, misalnya, teater dan buku anak.