Belanja

Pameran instalasi video Krisna Murti

Art After Drama

21 Juli 2013 - 04 Agustus 2013,
11:00 - 20:00
Galeri Salihara

Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan kita tak ubahnya sebuah drama. Kita berlaku sebagai aktor, orang di sekitar kita adalah pemirsa dan kita menggunakan bahasa untuk menyatakan peristiwa itu. Sebagai aktor kita memainkan aneka peran: berinteraksi dengan orang lain, menciptakan cerita sendiri, mempertunjukkan sesuatu—memberikan makna pada kehidupan ini. Begitulah Krisna Murti menggagas pameranArt After Drama, sebagai semacam petikan drama kehidupan.

Tetapi karya seni Krisna, sebenarnya, melampaui drama itu sendiri. Video-videonya tidaklah menyuguhkan kisah yang berurutan sebagaimana dalam pengertian drama klasik. Ia memberikan kita kumpulan fragmenter gestur tubuh para penampil yang menantang hukum ruang dan waktu, di samping menampilkan problem representasi dan imitasi, yang real dan yang virtual, dalam seni. Untuk pameran kali ini Krisna bekerja sama dengan sejumlah seniman yang memerankan tokoh-tokoh berbeda.

Krisna Murti adalah seniman video yang tinggal dan berkarya di Bandung, Jawa Barat. Salah satu karyanya dalam pameran ini, “Branded Fruits Archilpelago”, dipamerkan di Art Stage Singapore 2013.