Belanja

Pameran Seni Rupa

Utan Kayu Literary Biennale 2009

16 - 30 Oktober 2009,
10:00 - 19:00
Galeri Salihara

Pameran Seni Rupa "Utan Kayu Literary Biennale 2009"
Pameran ini merupakan bagian dari Utan Kayu Literary Biennale 2009 "Traversing" (Merandai)
KAMIS, OKTOBER 15 , 2009

Pada beberapa pameran besar seni rupa di Tanah Air belakangan ini terbetik sejumlah kegelisahan, antara lain mengenai gejala keseragaman bentuk dan gaya, juga ketidakimbangan antara kepiawaian teknik dengan kebaruan gagasan. Banyak karya yang berpenampilan baik, tapi ia masih menampakkan jejak perupa lain atau seakan tak mampu menyampaikan muatan ide yang berbeda dengan yang sudah ada.

Dua masalah utama itulah yang akan disikapi dalam pameran kali ini. Wahyudin, kurator muda dari Jogja telah memilih sejumlah nama yang tergolong dalam the rising stars dalam medan seni rupa Indonesia kini, untuk .menanggapi. karya para sastrawan yang mengambil bagian pada Utan Kayu Literary Biennale 2009. Kita akan menjelajahi seberapa jauh sastra memberi rangsangan pada penciptaan karya rupa, entah secara kasatmata ataukah tersirat, secara terang-terangan ataukah tersembunyi.

Para perupa terundang adalah Adi Gunawan, Bayu Yuliansyah, Dadang Rukmana, David Armi Putra, Decki Leos Firmansyah, Dona Prawira Arisuta, Endang Lestari, Faisal Habibi, Hayatudin, Hendra Harsono, Ibnu Thalhah, Putut Wahyu Widodo, Rifqi Sukma, Terra Bajraghosa, Tri Suharyanto, Wedhar Riyadi, dan Yudi Sulistiya.