Belanja

Pameran Seni Video

Membajak TV

06 - 21 Agustus 2011
Galeri Salihara

Televisi.yang dikuasai oleh kekuatan politik dan korporasi.telah membentuk dan mengkonstruksi realitas, perilaku dan identitas budaya masyarakat sehingga kemudian muncullah generasi yang memaknainya dengan berbagai cara: kesadaran untuk membuat jarak budaya, mempertanyakan, menggoda, mengkritik, mengintervensi, merefleksi, dan bahkan menawarkan solusi.

Kemunculan generasi baru pembuat video ini memperlihatkan kaitan erat antara kemajuan teknologi media dengan budaya televisi di Indonesia melalui tiga hal utama: perkembangan teknologi, relasi sejarah politik informasi pertelevisian dengan perkembangan video seni, dan kemunculan generasi pembuat karya video yang berusia di bawah 30 tahun.yang merupakan generasi .asuhan. budaya televisi. Posisi kultural yang dilakoni para pembuat video ini berseberangan dengan kelompok masyarakat yang memaknai teknologi televisi semata-mata sebagai konsumsi, hiburan, atau gaya hidup.

Sebagai survei dan pemetaan karya-karya video, Pameran Seni Video berharap bisa memberikan tawaran data, informasi, dan inspirasi bagi masyarakat luas mengenai strategi untuk dapat hidup berdampingan dengan teknologi media televisi secara sehat, serta memahami mata rantainya dengan kekuatan politik dan korporasi/pasar.