Belanja

Pameran Tunggal Nasirun

Uwuh Seni

03 - 25 November 2012,
11:00 - 20:00
Galeri Salihara

Mengumpulkan undangan peristiwa seni rupa bagi pelukis Nasirun adalah keasyikan tersendiri. Tetapi ia tidak sekadar mengumpulkan. Yang ia lakukan sejak 2008 adalah melukisi kertas-kertas undangan itu. Ia melukis berdasarkan pola atau gambar yang ada. Ia berdialog dengan gambar-gambar yang telah ada dengan cara melengkapi atau mengganti mereka yang dianggap tidak cocok dengan seleranya. Jumlah lukisan di atas undangan sekitar 1000 lembar. Karya-karya ini baru pertama kali dipamerkan dan publik bisa menyaksikan mereka secara keseluruhan.

Seni rupa Nasirun sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya Islam Jawa. Yang muncul di kanvasnya bukan hanya jejak-jejak wayang kulit, makhluk jadi-jadian dan kaligrafi, tetapi juga sapuan-sapuan kuas yang ekspresif, yang merupakan bentuk-bentuk dan memiuhkan mereka. Sejak akhir 1990an karya-karyanya telah menjadi buruan para kolektor diIndonesiadan Asia Tenggara.

Nasirun menamatkan pendidikan seni rupanya di Fakultas Seni Rupa ISIYogyakarta(1994). Salah satu pameran tunggalnya adalah Salam Bekti, Sangkring Artspace,Yogyakarta(2009). Ia adalah finalis Philip Morris Award 2007.