PERTANGGUNGJAWABAN DEWAN JURI UNDANGAN TERBUKA JAZZ BUZZ 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kami menerima 10 proposal (beserta contoh karya) yang datang dari pelbagai kota di Indonesia—setelah masa penerimaan karya diperpanjang hingga 18 November 2020: Bandung (1), Bukittinggi (1), Jakarta (6), Tangerang (1), Yogyakarta (1).

Melalui undangan terbuka Salihara Jazz Buzz 2021 kami hendak menjaring kelompok-kelompok musik yang anggota mereka relatif muda (maksimal berusia 35 tahun). Tujuan kami adalah mendukung pertumbuhan bakat-bakat baru dalam dunia musik Indonesia. Karya-karya yang masuk terdiri dari karya perdana dan karya lama.

Salah satu masalah yang kami hadapi dalam tahap pertama penjurian adalah bahwa sebagian besar grup pendaftar masih menonjolkan unsur pop/smooth jazz. Ada dua grup yang konsepnya menarik dan kuat unsur kebaruannya (misalnya saja pelantunan teks dan pengolahan bunyi digital-elektronik secara dominan), namun secara keseluruhan karya-karya yang ditampilkan masih belum matang. Kedua grup (masing-masing dari Yogyakarta dan Bandung) yang tidak kami menangkan ini sangat punya potensi untuk mengembangkan pengolahan harmoni, ritme dan struktur komposisinya.

Pada akhirnya, kami memilih tiga nama berikut ini—yang diurutkan secara alfabetis—sebagai pemenang Undangan Terbuka Salihara Jazz Buzz dan akan tampil dalam Salihara Jazz Buzz pada bulan Februari 2021:

Elkuan (Jakarta): Karya-karya kelompok ini menampilkan musikalitas individual yang tinggi dari tiap musisinya. Mereka berhasil menyuguhkan permainan yang bagus dan rapi, namun belum menampilkan suatu kebaruan yang unik dalam konsep dan pelaksanaan musikal.

Ferdian Wahyu Satria (Bukittinggi): Karya-karyanya berhasil mencampur unsur tradisi yang tidak asal-tempel sehingga bisa menguatkan komposisi dalam suasana yang baru. Memiliki potensi pengembangan musikal lebih mendalam kalau lebih berani lagi dalam bereksperimen.

Jason Mountario (Jakarta): Komposisinya kuat, terutama dari gramatika musikal serta unsur kebaruannya. Juga  diperkuat oleh harmonisasi instrumen tiup yang menonjolkan kemampuan orkestrasi dan vokalnya.

Para pemenang Undangan Terbuka Salihara Jazz Buzz 2021 akan dihubungi Komunitas Salihara untuk proses penandatanganan kerja sama dan lain sebagainya.

 

Demikianlah putusan kami.

 

Jakarta, 3 Desember 2020

 

Dewan Juri

Andreas Arianto
Nirwan Dewanto
Tony Prabowo

Shopping Basket

Berlangganan Newsletter