SALIHARA JAZZ BUZZ 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Sejak berdirinya Komunitas Salihara Arts Center (2008), salah satu acara yang paling diminati musisi dan penonton adalah Jazz Buzz, sebuah konser jazz yang menampilkan format musik baru dalam kaitannya dengan pilihan genre, komposisi maupun presentasi. Setiap tahunnya, tim kurator Salihara mencari tema baru dan memilih musisi berkualitas yang berminat terhadap karya-karya inovatif. Selama kurang lebih lima tahun ini Salihara mengusung tema sans frontieres, sebuah gagasan musikal yang mengetengahkan kebaharuan melalui konsep musik “lintas-batas”.

Tanpa meninggalkan semangat kebaharuan dan penjelajahan lintas-batas sesuai dengan arah dan tujuan Jazz Buzz, kali ini Salihara mengetengahkan tema baru yaitu Joyous Metamorphosis. Tema ini erat berkaitan dengan cara-cara baru yang menawarkan gagasan beraneka dalam situasi berjangkitnya wabah Corona, yang sudah dan sedang mengubah perilaku dan gaya hidup umat manusia di dunia mutakhir, termasuk di Indonesia.

Seni pertunjukan yang kita pahami selama ini adalah sebuah peristiwa seni yang menyampaikan ekspresi artistiknya langsung di hadapan penonton. Interaksi penonton dengan pertunjukan yang berlangsung dalam ruang dan waktu nyata yang membangun emosi.

Dalam menghadapi masa isolasi dan penjarakan sosial di masa pandemi yang masih akan berlangsung lama ini tentunya realitas seni pertunjukan dikerjakan dengan cara yang memang harus lain. Situasi berjarak membuat aktivitas seni mesti mencari bentuk ekspresi artistik yang lain, misalnya saja melalui ruang virtual. Perubahan suasana dan modus berekspresi ini alangkah baiknya ditanggapi dengan sikap terbuka dan gembira, joyous, sebagai alternatif terhadap pesimisme dan sikap menutup diri di masa pandemi ini.

Adapun metamorphosis adalah sikap bersama dalam menghadapi “dunia atau kehidupan yang tidak pernah sama lagi seperti sebelumnya”. Di lain pihak, pihak metamorphosis masih menampung sifat jazz yang menjelajah ke genre-genre lain maupun sifat berpihak pada kebaharuan, sekaligus gairah untuk mengolah cara presentasi digital.

 

Ketentuan

1. Para musisi adalah warga negara Republik Indonesia dan belum berusia 35 tahun pada tanggal 31 Desember 2021. (dibuktikan dengan KTP)
2. Setiap kelompok menampilkan menampilkan kurang-lebih 5 (lima) karya baru, termasuk reinterpretasi, aransemen ulang, atau komposisi ulang yang mengandung unsur kebaharuan atas karya-karya musik yang sudah ada (jazz, klasik, atau genre musik yang lain).
3. Bila penampil memanfaatkan karya-karya musik yang sudah ada (butir no. 2 di atas), maka perizinan dengan pemegang hak cipta karya-karya musik yang bersangkutan menjadi tanggung jawab penampil.
4. Durasi penyiaran digital di kanal Komunitas Salihara–dan dengan demikian juga durasi konser–setiap kelompok adalah 20 menit.
5. Format grup mulai dari solo hingga 12 (dua belas) musisi.
6. Setiap penampil terpilih akan mendapatkan bantuan produksi minimal Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan maksimal Rp25.000.000 (dua puluh lima juta Rupiah). Jumlah bantuan akan disesuaikan dengan besaran ensambel.
7. Komunitas Salihara memberikan bantuan dalam promosi dan publisitas acara.
8. Komunitas Salihara tidak menanggung biaya transportasi dan konsumsi kelompok terpilih.
9. Selama persiapan pementasan, kelompok terpilih akan mendapatkan pendampingan dari Dewan Kurator Komunitas Salihara.
10. Dewan Juri akan memilih dua hingga empat kelompok dari seluruh proposal yang masuk

Persyaratan

1. Mengisi formulir pendaftaran, menyertakan CV kelompok maupun CV setiap anggota kelompok dan RAB (rencana anggaran biaya). Formulir pendaftaran, CV dan RAB produksi bisa diunduh di sini.
2. Mencantumkan surat persetujuan dari pemegang hak cipta karya-karya musik yang bersangkutan, bila penampil membawakan karya-karya reinterpretasi (termasuk aransemen ulang dan komposisi ulang).
3. Melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh pemimpin kelompok di atas kertas bermaterai Rp6.000 bahwa karya-karya asli yang diajukan bukan jiplakan atau plagiat.
4. Wajib melampirkan konsep pengkaryaan dan presentasinya di ruang daring.
5. Mengirimkan seluruh berkas di atas beserta dua contoh karya terbaru (belum pernah diterbitkan dalam bentuk apa pun) termasuk reinterpretasi/aransemen/komposisi ulang ke opencall@salihara.org. Seluruh berkas dikirim dengan subyek Undangan Terbuka Jazz Buzz 2021_Nama Musisi paling lambat tanggal 31 Oktober 2020 jam 23:59 WIB. (Contoh rekaman karya bisa dikirim dalam format audio mp4, mp3 atau wav melalui tautan Google Drive atau We Transfer).
6. Karya-karya baru yang dimaksud belum pernah dipentaskan di Komunitas Salihara dan tidak sedang diikutkan dalam perlombaan.

Waktu Pementasan

20, 21, 27 & 28 Februari 2021

Jadwal

Pengiriman proposal 27 Agustus-31 Oktober 2020
Pengumuman pemenang 26 November 2020

Juri

Dewan Kurator Komunitas Salihara dan Juri Tamu

Lain-lain

Anggota keluarga inti para karyawan Komunitas Salihara dan Dewan Juri tidak diperbolehkan mengikuti undangan terbuka ini.
Shopping Basket

Berlangganan Newsletter