UNDANGAN TERBUKA HELATARI SALIHARA 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Helatari Salihara adalah sebuah festival mini dua tahunan yang menampilkan karya-karya tari oleh para koreografer muda Indonesia. Karya-karya tari yang dimaksud adalah karya-karya yang berpihak kepada kebaruan. Adapun kebaruan ini bisa bertolak dari khazanah tradisi tari Nusantara maupun dari khazanah tari internasional. Kita bisa juga menyebutnya sebagai tari kontemporer, bila ia beriringan dengan semangat zamannya atau mencerminkan perkembangan mutakhir di dunia tari.

Karya yang bisa diikutkan ke dalam Helatari Salihara 2021 adalah karya yang sama sekali baru, yaitu karya yang belum pernah dipentaskan di depan publik baik secara langsung maupun secara daring.

Tari yang kita pahami selama ini adalah sebuah peristiwa seni yang menyampaikan dirinya langsung di hadapan penonton. Interaksi penonton dengan pertunjukan berlangsung dalam ruang dan waktu nyata yang menggugah emosi. Dalam menghadapi isolasi dan pembatasan sosial di masa pandemi Corona yang masih akan berlangsung lama ini tentulah realitas seni pertunjukan mesti dikerjakan dengan cara yang memang harus lain. Situasi berjarak membuat aktivitas seni mesti mencari bentuk ekspresi artistik yang lain, dalam hal ini adalah alih wahana ke media digital.

Helatari akan memilih karya-karya tari yang dinilai paling kuat dalam ide dan penyajian digital di kanal Komunitas Salihara. Para koreografer yang berminat mengikuti Helatari 2021 ini sangat diharapkan untuk memperhitungkan situasi pandemi dan pembatasan sosial yang masih akan berlangsung lama dalam garapan masing-masing.

 

 

Ketentuan

  1. Koreografer adalah warga negara Republik Indonesia dan belum berusia 35 tahun pada 31 Desember 2021 (dibuktikan dengan KTP).
  2. Karya tari yang dimajukan ke Helatari Salihara 2021 adalah karya baru, yaitu karya yang belum pernah dipertunjukkan di depan publik baik secara langsung maupun secara daring.
  3. Jumlah penari yang terlibat minimal 2 (dua) orang.
  4. Durasi karya adalah 20 menit.
  5. Karya tidak sedang diikutkan lomba apa pun.
  6. Koreografer menulis konsep karya, termasuk pengalihannya ke media digital, sepanjang kurang-lebih 400 kata.
  7. Bila koreografer menggunakan karya pihak lain (misalnya musik), maka perizinan dengan pemilik hak cipta karya yang bersangkutan menjadi tanggung jawab koreografer.
  8. Setiap koreografer terpilih akan mendapatkan bantuan minimal Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan maksimal 20.000.000 (dua puluh lima juta Rupiah).
  9. Komunitas Salihara memberikan bantuan dalam promosi dan publisitas acara.
  10. Koreografer/kelompok terpilih akan mendapatkan pendampingan dari Dewan Kurator Komunitas Salihara.
  11. Dewan Juri akan memilih 2-4 (dua hingga empat) karya/koreografer dari proposal/karya yang masuk.

 

Persyaratan

  1. Mengisi formulir pendaftaran, menyertakan CV koreografer dan RAB (rencana anggaran biaya). Formulir pendaftaran, CV dan RAB produksi bisa diunduh di sini.
  2. Mencantumkan surat izin dari pemegang hak cipta bila koreografer menggunakan karya orang lain (butir 7 dalam Ketentuan).
  3. Melampirkan surat pernyataan bermaterai Rp6.000 bahwa karya yang diajukan bukan karya jiplakan atau plagiat.
  4. Wajib melampirkan konsep karya dan presentasinya di ruang daring.
  5. Mengirimkan konsep karya, RAB produksi, CV koreografer, rekaman video karya utuh (karya lama yang pernah ditampilkan), dan berkas-berkas lain berupa tautan atau file dikirim ke opencall@salihara.org. Proposal dan berkas pelengkap dikirim dengan subyek Undangan Terbuka Helatari 2021_Nama koreografer/Kelompok Tari selambatnya 30 Desember 2020 pukul 23:59 WIB. (Contoh rekaman karya bisa dikirim dalam format video MOV, MPEG4 atau MP4 melalui tautan Google Drive atau We Transfer).

 

Waktu Pementasan
Tiap akhir pekan pada Juni 2021

Jadwal
Tanggal akhir pendaftaran : 30 Desember 2020
Pengumuman pemenang : 29 Januari 2021*

*Diundur menjadi 12 februari 2021

 

 

Tim Juri
Dewan Kurator Salihara dan Juri Tamu.

Lain-lain

    • Anggota keluarga inti para karyawan Komunitas Salihara dan Dewan Juri tidak diperbolehkan mengikuti undangan terbuka ini;
    • Pemenang sebelumnya juga tidak boleh mengikuti undangan terbuka Helatari Salihara 2021.
    • Data yang dikirimkan kepada Panitia Undangan Terbuka adalah milik peserta;
    • Panitia akan menghapus seluruh data peserta Undangan Terbuka setelah proses penjurian selesai.
Shopping Basket

Berlangganan Newsletter